Home Daerah Pelayanan KB Serentak di Tana Toraja dalam Rangka HUT IBI Ke-73, Sasar Ratusan Akseptor

Pelayanan KB Serentak di Tana Toraja dalam Rangka HUT IBI Ke-73, Sasar Ratusan Akseptor

KB serentak ini dilaksanakan di beberapa puskesmas yang ada di Tana Toraja dengan menyasar akseptor yang belum ber KB. Tampak puluhan akseptor antusias mengikuti kegiatan KB serentak ini.

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - BKKBN Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) kabupaten Tana Toraja gelar kegiatan Intensifikasi dan Integrasi pelayanan KB di wilayah khusus tahun 2024.Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Theofilus Allorerung ini dirangkaikan dengan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-73 tahun yang dilaksanakan di Puskesman Kondoran, Kelurahan Buntu Masakke, Kecamatan Sangalla, Selasa (28/05/2024).

Usai pembukaan, kegiatan dilajutkan dengan perayaan HUT IBI Ke-73 Tahun ditandai dengan pemotongan tumpeng, kemudian dilanjutkan dengan pelayanan KB kepada akseptor.KB serentak ini dilaksanakan di beberapa puskesmas yang ada di Tana Toraja dengan menyasar akseptor yang belum ber KB. Tampak puluhan akseptor antusias mengikuti kegiatan KB serentak ini. Sebelum melakukan KB, para akseptor terlebih dahulu melakukan registrasi dan pemeriksaan kesehatan.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Pokja Akses Kualitas Pelayanan KB Perwakilan BKKBN Prov Sulsel, Drs Iksan, M.Si, Sekda Tana Toraja dr Rudhy Andilolo, ketua TP-PKK Tana Toraja Yariana Somalinggi, Plt kadis P3AP2KB, Plt Kadis Kesehatan, Kepala Puskesmas, Camat serta TNI-Polri.Drs Iksan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka perluasan jangkauan pendekatan akses dan pemerataan pelayanan KB di Sulsel. 

"Untuk Tana Toraja sendiri sasarannya seratus (100) akseptor MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang), mudah-mudahan ini tercapai hari ini," kata Iksan. "Kita berharap masyarakat yang belum ber-KB bisa terlayani di Tana Toraja," pungkasnya. 

Penulis   : Dirga Y. Tandi
Editor     : Redaksi