Home Daerah Pasa Maraya: Kondisi Pustu di Simbuang Mappak Lebih Penting dari Pembahasan Calon Kompetitor Pilkada Tator

Pasa Maraya: Kondisi Pustu di Simbuang Mappak Lebih Penting dari Pembahasan Calon Kompetitor Pilkada Tator

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Tahapan Pilkada 2024 untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati suda jadi pembahasan hangat di Daera, baik Kabupaten, Kota maupun lingkup Provinsi.

Tana Toraja, sala satunya Kabupaten yang akan menggelar pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada 2024.

Namun ditengah situasi hingar bingar pembahasan calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja untuk Pilkada 2024 ini, ada hal memprihatinkan di Kecamatan Simbuang yang luput dari perhatian pemerintah selama ini.

Pasalnya, ada sala satu gedung Puskesmas Pembantu (Pustu) di Lembang Puangbembe Mesakada, Kecamatan Simbuang luput dalam perhatian pemerintah Kabupaten Tana Toraja.

Menanggapi hal tersebut, Pasa Maraya selaku aktivis pemuda Simbuang Mappak yang juga merupakan mantan ketua umum Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Simbuang Mappak (IPPEMSI) Makassar angkat bicara mengungkapkan keprihatinannya melihat kondisi bangunan Pustu di Lembang Puangbembe Mesakada.

"Kondisi ini seolah jadi penghinaan bagi kami warga di daerah terpencil seperti Kecamatan Simbuang, Pustu sebagai salah satu sarana penting bagi masyarakat sebagai tempat untuk berobat tapi justru kondisinya dibiarkan rusak tanpa ada perhatian dari pemerintah," ujar Pasa Maraya kepada REPLIKNEWS, Selasa (26/3/2024).

"Kondisi ini bagi kami warga Simbuang lebih penting jadi perhatian daripada pembahasan calon kompetitor untuk Pilkada Tana Toraja 2024," lanjutnya.

Menurut Pasa Maraya, kondisi bangunan Pustu tersebut belum pernah direnovasi sama sekali sejak berdiri dari tahun 2007 hingga saat ini.
Padahal dalam setiap Kegiatan Musrenbang selalu jadi usulan masyarakat namun tetap tidak ada tindak lanjut untuk itu.

"Bahkan saat Musrenbang tingkat Kecamatan Simbuang 2023, yang saat itu dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Sadrak Tombeg dan Ketua PPK Tana Toraja, Ibu Yariana Simalinggi pun jadi salah satu usulan masyarakat namun tetap tidak ada tindaklanjut. Saya selaku warga Simbuang prihatin atas hal itu, seakan wilayah kami luput dari perhatian Pemerintah Tana Toraja," jelas Pasa Maraya.

Mantan Pengurus Pusat GMKI itu berharap agar kedepannya jika sudah ada Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih bisa lebih memperhatikan kondisi yang ada di Kecamatan Simbuang Mapak seperti Kecamatan lain.

"Sebentar lagi kita akan memilih siapa pemimpin kita di Kabupaten Tana Toraja, saya berharap siapapun yang terpilih nantinya tidak menutup mata terkait persoalan yang ada di Kecamatan Simbuang Mapak," pungkas Pasa Maraya.


Penulis    : Martinus Rettang
Editor      : Redaksi