Home Daerah Paripurna Pemandangan Fraksi Terhadap Dua Jenis Ranperda dan Tanggapan Wakil Bupati Pangkep

Paripurna Pemandangan Fraksi Terhadap Dua Jenis Ranperda dan Tanggapan Wakil Bupati Pangkep

REPLIKNEWS, PANGKEP -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemkab Pangkep menyelenggarakan rapat paripurna dalam acara Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pangkep Tahun Anggaran 2024 dan Pandangan umum fraksi terhadap ranperda RPJPD Tahun 2024-2025.

Rapat berlangsung di ruang pertemuan DPRD Pangkep dipimpin langsung oleh wakil Ketua DPRD pangkep, Perwakilan bupati kabupaten Pangkep, turut hadir pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), serta insan pers. Selasa (06/08/2024)

Dalam pengantarnya wakil ketua DPRD kabupaten Pangkep. Indriani, selaku pemimpin rapat paripurna menyampaikan bahwa Rancangan Perubahan APBD Pangkep Tahun Anggaran 2024 dan Ranperda RPJPD telah disampaikan kepada DPRD dalam rapat paripurna, oleh karena itu selanjutnya telah dilakukan pembahasan oleh DPRD.

“Dalam pembahasan, DPRD memandang masih ada beberapa hal yang perlu disampaikan, oleh karena itu dalam rapat paripurna ini Fraksi-Fraksi DPRD akan akan menyampaikan pandangan umumnya,” kata wakil Ketua DPRD.

Adapun pandangan umum fraksi-fraksi DPRD disampaikan oleh Perwakilan masing-masing Fraksi. Serta di tanggapi langsung oleh Wakil bupati Pangkep.

Fraksi Demokrat Irwan nur mengatakan kami berharap pembahasan hari ini bisa menghasilkan suatu terobosan yang akan berdampak akan kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat di semua wilayah kabupaten Pangkep tanpa terkecuali.

“Fraksi Demokrat mendorong agar sistem transparansi dalam proses pengelolaan OPD harus transparansi guna masyarakat mampu mengakses secara digital pengguna anggaran daerah serta harus memiliki integritas dalam mendengarkan dan menerima aspirasi atau masukan masyarakat hal tersebut merupakan ciri dari pemerintah daerah yang bersih dan terpercaya," ujarnya.

Lanjut Irwan juga menekan terkait RPJPD harus berfokus pada masalah masalah yang saat ini terjadi di kabupaten agar menjadi prioritas utama agar kelarasan pembagunan daerah hingga ke pelosok kabupaten Pangkep.

"Kami berharap agar RPJPD ini berfokus pada permasalahan sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan serta mampu untuk mengurangi permasalahan kemiskinan agar semua masyarakat merasakan pemerataan pembangunan Jangka panjang daerah," Tegasnya.

Wakil Bupati Pangkep memberikan tanggapan atas pandangan umum yang disampaikan oleh fraksi-fraksi DPRD dalam rapat paripurna terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pangkep Tahun Anggaran 2024 serta Raperda Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045.

"Pemerintah Kabupaten Pangkep sangat menghargai pandangan umum yang disampaikan oleh seluruh fraksi. Kami berkomitmen untuk melakukan optimalisasi dan evaluasi terhadap isu isu yang ada di kabupaten serta mengevaluasi perangkat agar efektif dalam menjalankan tugas," ungkapnya.

Lanjutnya Wakil Bupati mengajak seluruh pihak untuk bekerja bersama demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Pangkep. 

"Dengan kerjasama yang solid antara pemerintah daerah dan DPRD, kami yakin kita dapat mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan. Terima kasih," tutupnya.

Perlu diketahui perwakilan masing-masing fraksi Gerakan Indonesia Raya di wakili oleh Hj. Nurlinda, Fraksi Indonesia Perjuangan oleh H. Abd. Rasyid, Fraksi Nasional Demokrat oleh Hj. Hardianti, dan Fraksi Golongan Karya oleh H. Muchtar Salih.

Penulis       : Wihandi
Editor         : Wahyu