Home Daerah Pagelaran Seni dan Budaya, Kandora Fair Festival Digelar

Pagelaran Seni dan Budaya, Kandora Fair Festival Digelar

Festival tersebut merupakan bagian dari promosi objek wisata yang ada indonesia, secara khusus Toraja, dimana Toraja sendiri terkenal sebagai daerah Parawisata.

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Pagelaran dan pameran karya seni yang dibalud dalam Kandora Fair Festival dilaksakan di Kandora Kelurahan Tengan, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sabtu (25/09/202). 

Festival tersebut merupakan bagian dari promosi objek wisata yang ada indonesia, secara khusus Toraja, dimana Toraja sendiri terkenal sebagai daerah Parawisata. 

Bebagai karya dan seni menghiasi Pagelaran seni tersebut, seperti Tarian Adat Toraja (Pa'gellu'), Musik Bambu, Karya Lukis, Karya Griya, Manik-Manik dan lainya. 

Frans Sosang, selaku ketua Kandora Fair Festival mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mendorong dan memajukan parawisata secara khusus yang ada di Toraja, tanpa harus menunggu arahan dari Dinas terkait. 

"Kalau kita hanya menunggu arahan dari dinas terkait, dalam hal ini dinas Parawisata, sekiranya parawisata kita khususnya di Toraja itu akan mandek karena upaya yang kita lakukan sangat minim, sedangkan kita sebagai pengelola diharuskan bagaimana menghidupkan kembali Parawisata ini" tuturnya.

Dikatakan dia juga, Frans Sosang bahwa, kegiatan tersebut akan dimanfaatkan semaksimal mungkin  untuk mempromosikan seni dan budaya tana toraja.

Kegiatan tersebut terselenggara setelah disepakati bersama oleh, pengurus wisata kelompok sanggar seni kalimbuang, pengurus desa wisata tengan kandora, dan kelompok sadar wisata. 

Sebagai informasi, Kandora Fair Festival akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 25-28 september 2021. (Atting)