Home Daerah Kader Dashat di Tana Toraja Dibekali Materi Kebutuhan Gizi Bumil, Bufas, Baduta dan Balita

Kader Dashat di Tana Toraja Dibekali Materi Kebutuhan Gizi Bumil, Bufas, Baduta dan Balita

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) salah upaya pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dalam menekan angka stunting melalui pemenuhan gizi yang seimbang. 

Dalam mengoptimalkan program ini, DP3AP2KB Tana Toraja melaksanakan orientasi dengan menghadirkan pemateri yang kompeten, seperti ahli gizi dan dokter anak. Orientasi ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten hingga setiap lokus Dashat kampung KB. Para kader diberikan edukasi menu dashat dengan menggunakan bahan pangan lokal yang memiliki nilai gizi. Mereka juga langsung praktek memasak. 

"Kita menghadirkan pemateri yang betul-betul memahami teknis, seperti dokter anak dan ahli gizi," ungkap Plt DP3AP2KB Tana Toraja, Dra Oktovina Serang Ranteallo, Rabu (17/08/2024). 

"Jadi mereka bisa mengetahui bagaimana mengolah makanan sehat supaya stunting bisa berkurang atau dihindari resikonya," sambunganya. 

Lantas apa sih manfaat Dashat, berikut penjelasannya:

1. Peningkatan Gizi Anak. 
Dashat menyediakan makanan yang bergizi dan seimbang untuk anak-anak, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal, terutama dalam mencegah stunting. 

2. Pemantauan Pertumbuhan Anak.
Dengan adanya dapur sehat, anak-anak mendapatkan pemantauan berkala terkait berat badan, tinggi badan, dan indikator kesehatan lainnya untuk memastikan mereka tumbuh dengan baik. 

3. Pengetahuan Gizi untuk Keluarga. 
Program ini memberikan edukasi kepada keluarga tentang pentingnya gizi seimbang dan cara menyusun menu sehat dengan bahan pangan lokal. 

4. Mengurangi Risiko Obesitas. 
Dengan edukasi tentang pola makan sehat dan seimbang, Dashat membantu mengurangi risiko obesitas pada anak-anak, yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan di kemudian hari. 

Penulis     : Dirga Y. Tandi
Editor       : Redaksi