Home Daerah Maknai Harla Pancasila, 5 Organisasi di Tator Gelar Donor Darah, Puluhan Kantong Terkumpul

Maknai Harla Pancasila, 5 Organisasi di Tator Gelar Donor Darah, Puluhan Kantong Terkumpul

Organisasi tersebut yakni BEM Akademi Kesehatan Sinar Kasih Toraja, GMKI Tana Toraja, Pemuda Pancasila Tana Toraja, PAPPRI Tana Toraja dan KBPP Polri Resor Tana Toraja.

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - 5 organisasi di Tana Toraja maknai Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 dengan menggelar aksi sosial donor darah di Aula Akademi Kesehatan Sinar Kasih Toraja, Pantan, Makale, Sabtu (1/06/2024). 

Organisasi tersebut yakni BEM Akademi Kesehatan Sinar Kasih Toraja, GMKI Tana Toraja, Pemuda Pancasila Tana Toraja, PAPPRI Tana Toraja dan KBPP Polri Resor Tana Toraja. Kegian ini juga melibatkan tim medis dari RSUD Lakipadada dan RS Sinar Kasih Toraja. Sebanyak 40 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan ini. Para pendonor berasal dari anggota organisasi dan juga masyarakat. 

Turut pula mendonorkan darah dalam kegiatan ini, anggota DPRD Tana Toraja, Kristian H.P Lambe. Ketua DPC PAPPRI Tana Toraja, Dr Erni Yetti Riman mengatakan, kegiatan dengan tema "Setetes Darah Berguna Bagi Sesama" ini dilaksanakan dalam rangka memaknai Hari Lahir Pancasila ke-79 tahun 2024. "Kegiatan ini kita inisiasi bersama beberapa organisasi dalam rangka memaknai Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Tentunya kita berharap darah yang telah terkumpul ini bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan transfusi darah," terangnya. 

Selain bermanfaat bagi orang lain, Dr Erni Yetti juga menyampaikan kegiatan ini juga bermanfaat bagi pendonor dari segi kesehatan."Setetes darah yang diberikan akan sangat berarti bagi kehidupan orang lain," pungkasnya. 

Sementara, ketua MPC Pemuda Pancasila Tana Toraja, Ekawanto Saba menyampaikan kegiatan yang diksanakan dalam memaknai hari lahir Pancasila ini, sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. "Kegiatan ini merupakan implementasi dari sila kedua, yakni Kemanusian Yang Adil dan Beradab. Selamat hari lahir Pancasila," terangnya.

Pada momentum Hari Lahir Pancasila ini juga, Ekawanto mengajak seluruh masyarakat terkhusus pemuda untuk selalu menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Penulis     : Dirga Y. Tandi
Editor       : Redaksi