Home Daerah KPU Toraja Utara Tetapkan DPS Pemilihan Gubernur dan Bupati 2024

KPU Toraja Utara Tetapkan DPS Pemilihan Gubernur dan Bupati 2024

REPLIKNEWS, TORAJA UTARA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara tetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 181.416 pemilih dalam rapat pleno terbuka penetapan DPS pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan serta Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara yang digelar di Misiliana Hotel, Sabtu (10/08/2024). 

DPS terdiri dari laki-laki 91.746 dan perempuan 89.670. Jumlah TPS 424 tersebar di 151 kelurahan dan Lembang. 

Sebelum penetapan DPS, Panitia Pemilih Kecamatan (PPS) dari 21 kecamatan silih berganti melaporkan hasil coklik telah diplenokan.

Pleno rekapitulasi dibuka Plh ketua KPU Toraja Utara Divisi Perencanaan Data dan Informasi Furqan Mansyur Batkam dihadiri komisioner Harsal Lahiya juga Devisi Perencanaan Data dan Informasi, dan Randy Tambing Divisi Hukum dan Pengawasan.

Furqan Mansyur Batkam katakan,  pleno penetapan DPS telah melalui tahapan dan prosesnya pencoklikan dilakukan penyelenggara adhoc Pantarlih. 

"Suka duka dialami pantarli door to door dilapangan beragam, namun dengan niat dan tekat baik coklik terus berlanjut untuk mendapatkan data pemilih akurat," katanya. 

Setelah pantarli melakukan proses pencoklitan akan dilakukan rapat pleno DPS secara berjenjang mulai dari PPS hingga KPU kabupaten. 

"DPS nantinya masih dilakukan pemuktahiran dan jadi acuan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga masih bisa berubah," ujar Furqan.

Penulis    : Dirga Y. Tandi
Editor      : Redaksi