Home Daerah Ikuti Lomba Video Promosi Wisata Desa Sarapeang, Berhadiah Jutaan Rupiah

Ikuti Lomba Video Promosi Wisata Desa Sarapeang, Berhadiah Jutaan Rupiah

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Pemerintah Lembang Sarapeang, Kecamatan Rembon, Tana Toraja akan menggelar lomba video promosi wisata Tulak Langi' Sarapeang.

Kegiatan lomba tersebut merupakan kolaborasi antara Pemerintah Lembang Sarapeang, Konsorsium Adaptasi Perubahan Iklim dan Lingkungan (Kapabel), KKN-T UNHAS, KKN-T UKI TORAJA, Lembaga Pengelolah Hutan Desa (LPH) kelompok pariwisata dan kopi Sarapeang, pemuda dan masyarakat Sarapeang.

Peserta lomba dibuka untuk umum dengan objek video berada di Desa Sarapeang dan merupakan video terbaru selama masa perlombaan. Dengan melampirkan Tema "Lomba Video Promosi Parwisata Tulak Langi' Sarapeang". Untuk harga tiket masuk di patok mulai 10 ribu/orang.

Kepala Lembang Sarapeang, Hariyanto Talondong mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mempromosikan wisata yang ada di Lembang Sarapeang.

"Ini merupakan salah satu program kerja Lembang Sarapeang, kita berharap dengan adanya lomba ini bisa mempromosikan wisata yang ada di Lembang Sarapeang," ujar Hariyanto Talondong kepada REPLIKNEWS, Minggu (28/7/2024).

Adapun cara untuk mengikuti lomba tersebut yakni:

1. Wajib follow akun media sosial Tim layanan kehutanan Masyarakat:
    a. Instragram : @yayasan.tlkm
    b. Tiktok.        : @yayasan.tlkm
    c. Facebook : Yayasan Layanan Kehutanan Masyarakat 

2. Wajib follow akun media sosial Wisata Tulak Langi Sarapeang :
    a. Instragram : Tulaklangisarapeang
    b. Tiktok.        :  Tulak.langi.sarapeang
    c. Facebook : Wisata Tulak Langi Sarapeang 

3. Mengikuti kegiatan CAMPING FAIR di objek wisata Tulak Langi' lembang Sarapeang, Kecamatan Rembon, pada tanggal 03-04 Agustus 2024 pukul 14.00 WITA siang.

"Jika ada yang berminat ikut dalam lomba tersebut bisa menghubungi panitia untuk melakukan pendaftaran 0819-3655-6391 (Rido)," jelas Hariyanto.

Lanjut kata Hariyanto, ada beberapa syarat dan ketentuan video yang bisa masuk kategori yang nantinya akan dinilai langsung oleh panitia.

Seperti destinasi yang dijadikan video merupakan objek wisata tulak langi' yang ada di lembang Sarapeang serta membuat video semenarik mungkin dengan durasi minimal 1 (satu) menit.

Selanjutnya, Video di-upload di 3 (tiga) platform media sosial: Instragram, Tiktok, dan Facebook dimana setiap Video yang di-upload di media sosial wajib menandai (tag) akun @yayasan.tlkm (khusus Instagram), dan akun wisata tulak langi' (Tiktok, Instagram dan Facebook).

Video dibuat caption se-kreatif dan se-menarik mungkin dan mention akun @yayasan.tlkm dan wisata tulak langi' serta menggunakan hastag #Wisata Toraja, #Tulak Langi' Sarapeang, #Kapabel.

Video yang diupload tidak mengandung unsur Sara dimana satu akun hanya bisa mengupload satu karya di masing-masing platform media sosial.

Link video dapat dikirim ke nomor 0819-3655-6391 (Rido), dengan menyertakan keterangan judul video dan nama akun Instagram peserta;

"Untuk penilaian itu diatur oleh pihak panitia pelaksana dan dianggap mutlak. Nantinya hadiah pemenang akan diserahkan langsung via transfer ke nomor rekening pemilik akun, dimana peserta hanya diperbolehkan mengunggah 1 video promosi dan belum pernah dipublikasikan di manapun atau belum pernah diikutsertakan dalam lomba manapun," kata Hariyanto.

"Dimana panitia berhak mendiskualifikasi, jika peserta tidak memenuhi syarat-syarat diatas," lanjut Hariyanto.

Untuk kriteria penilaian kata Hariyanto, akan dilihat dari like dan share terbanyak di Instagram, Tiktok, dan Facebook, kemudian kesesuaian aturan tema dan judul, informatif, kreatifitas, dan originalitas, keindahan dan estetika, durasi waktu, serta caption semenarik mungkin.

Sementara untuk linamasa (Timeline) yang ditentukan oleh panitia lomba dimana 5 Agustus 2024, Publikasi Konten Video, 5-15 Agustus 2024, Event Go-On, 15 Agustus 2024, Closed Event, 17 Agustus 2024, Winner Announcement, 18 Agustus 2024, Prize Giving.

"Penyerahan hadiah akan dilaksanakan di Desa Sarapeang (Wisata Tulak Langi), dengan rincian Juara I : Rp 1.000.000 untuk Juara II : Rp 600.000, sementara juara III : Rp 400.000," pungkas Hariyanto Talondong.

Penulis   : Hendrawan Tulak
Editor     : Redaksi