Home Daerah Forum Genre Tana Toraja Berencana, Berdampak dan Berdaya bersama Remaja Disabilitas

Forum Genre Tana Toraja Berencana, Berdampak dan Berdaya bersama Remaja Disabilitas

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Berbagai program yang dirancang Pengurus Cabang (PC) Forum Genre Indonesia (FGI) Tana Toraja dalam menciptakan lingkungan inklusif bagi remaja di Tana Toraja layak diacungi jempol. 

Selama ini, FGI Tana Toraja yang sudah terbentuk hingga tingkat kelurahan dan lembang aktif mengkampanyekan dan menjadi corong bagi para remaja melalui edukasi dan sosialisasi pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana. 

Remaja dapat berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. Tak hanya itu, dengan melibatkan berbagai pihak, kali ini FGI Sulawesi Selatan bersama FGI Tana Toraja melaksanakan kegiatan Triangle Goals yaitu Berencana, Berdampak, Berdaya Bersama Forum Genre Sulawesi Selatan dengan tema "Remaja Hebat Tanpa Batas, Rayakan Kebermanfaatan" bagi remaja disabilitas. Kegiatan ini dilaksanakan di PIK Remaja Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharmawanita Makale, Sabtu, (03/08/2024).

Dalam kegiatan ini, kader gendre Tana Toraja berbaur bersama remaja disabilitas bermain kartu berisi tulisan yang dipraktekkan dalam bahasa isyarat. Tulisan itu berisi edukasi dan motivasi bagi para remaja. Permainan sederhana ini sebagai upaya FGI Tana Toraja memberikan dampak kepada remaja yang memiliki keterbatasan dan mendapat perlakuan yang setara seperti remaja normal pada umumnya. 

Selain itu, remaja disabilitas diajarkan membuat kreativitas mainan dan membuat makanan sehat. 

Kegiatan ini disambut baik Ribka, salah satu guru SLB Dharmawanita Tana Toraja. Ribka menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada FGI Tana Toraja yang sudah memberikan ruang bagi anak didiknya. "Kesempatan yang luar biasa diberikan bagi kami, karena jarang-jarang kesempatan seperti ini kami dapatkan," kata Ribka. 

Guru bahasa isyarat itu juga mengungkapkan, anak disabilitas layaknya mendapat hak yang sama, seperti anak-anak normal pada umumnya. 

"Mereka itu punya hak yang sama, walupun mereka memiliki keterbatasan tetapi mereka punya potensi yang ada," ungkapnya. 

Iaa berharap, siswa SLB kedepan diberikan perhatian lebih guna membekali diri mereka supaya bisa hidup mandiri didalam masyarakat. "Sekali lagi kami menyampaikan terima kasih kepada Forum Genre Tana Toraja yang telah memberi kesempatan bagi teman-teman kita penyandang disabilitas," ucapnya. 

Kegiatan FGI Tana Toraja ini bertujuan untuk memberdayakan remaja disabilitas di Sulawesi Selatan melalui berbagai program yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperluas jaringan mereka.

Penulis       : Dirga Y. Tandi
Editor         : Redaksi