Home Daerah dr Zadrak Hadiri Penahbisan Gedung Gereja Toraja Jemaat Limbong di Bonggakaradeng

dr Zadrak Hadiri Penahbisan Gedung Gereja Toraja Jemaat Limbong di Bonggakaradeng

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg hadiri Panahbisan Gedung Gereja Toraja Jemaat Limbong, Klasis Buakayu di Lembang Poton, Kecamatan Bonggakaradeng, Sabtu (29/06/2024).Prosesi penahbisan diawali arak-arakan atau pawai 'lettoan' dari sejumlah jemaat dan rumpun kelaurga yang turut merasakan sukacita. 

Teriakan khas Toraja "meoli" tanda sukacita mewarnai pawai lettoan. Prosesi penabihsan juga disisi sejumlah tari-tarian dan pembacaan sejarah berdirinya Gedung Gereja Toraja Jemaat Limbong. Ibadah syukur penahbisan berlangsung hikmad dipimpin pengurus BPS Geraja Toraja Pdt. Sulaiman Allolinggi'. Usai ibadah syukur, prosesi penahbisan dilanjutkan penandatangan prasasti oleh BPS Gereja Toraja, kemudian pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Tana Toraja dr Zadrak Tombeg dan pembukaan pintu Gereja oleh Majelis Gereja setempat. 

Penahbisan gedung gereja ini dirangkaikan dengan peletakan batu pertama pembangunan rumah pastori oleh dr Zadrak Tombeg. Pada kesempatan itu dr Zadrak turut memberikan bantuan untuk pembangunan pastori tersebut. "Selamat atas penabhisan Gedung Gereja Toraja Jemaat Limbong, Semoga lewat penahbisan gendung gereja ini membawa nilai spiritual dan energi bagi kita semua bekerja dalam pelayanan sesuai kehendak Tuhan," terang dr Zadrak. 

dr Zadrak menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan prosesi penahbisan gedung gereja itu secara adat.

"Penahbisan gereja ini dalam bentuk adat. Yang membedakan kita dengan orang lain adalah adat, mari kita terus pelihara adat istiadat kita," ujar dr Zadra.

Sementara, Helena Tangirerung selaku ketua panitia pembangunan dalam laporannya menyampaikan, Gedung Gereja Toraja Jemaat Limbong dibangun dalam beberapa tahap dimulai pada tahun 2007 sampai tahun 2023 dengan total anggaran 1.752.980.000 (satu milliar tujuh ratus lima pulu dua juta sembilan ratus delapan puluh ribu rupiah)."Kami dari panitia pembangunan menyampaikan kepada kita semua yang telah berpartisipasi dalam pembagunan dan pentahbisan menyampaikan  terima kasih. Jika ada yang tidak berkenan mari kita saling memamafkan dan mendoakan, semoga Tuhan Yesus Memberkati dalam setiap langkah kehidupan kita", terangnya.

Penulis     : Dirga Y. Tandi
Editor       : Redaksi