Home Daerah dr Zadrak Buka Seminar Nasional Entrepreneur Indonesia Recovery, Syafii Efendi Bangkitkan Spirit Pemuda Toraja

dr Zadrak Buka Seminar Nasional Entrepreneur Indonesia Recovery, Syafii Efendi Bangkitkan Spirit Pemuda Toraja

Seminar Nasional Entrepreneur 2023 Indonesia Recovery di ruang pola kantor Bupati Tana Toraja, Makale, Tana Toraja, Sabtu (3/6/2023).

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Motivator Internasional, Syafii Efendi bangkitkan spirit dan semangat generasi muda Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara) dalam Seminar Nasional Entrepreneur Indonesia Recovery di ruang pola kantor Bupati Tana Toraja, Makale, Tana Toraja, Sabtu (3/6/2023). 

Seminar ini diselenggarakan Wirausaha Muda Nusantara (WIMNUS) Provinsi Sulawesi Selatan berupa Seminar Motivasi Nasison Pendidikan dan Pemuda Mandiri 2023 didukung Pemda Tana Toraja dan KNPI Tana Toraja. 

Seminar ini dibuka langsung Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg dihadiri ketua organisasi kepemudaan serta BEM se Toraja. 

Tampak ribuan pemuda dan pelajar se Toraja antusias mengikuti seminar ini, tak ketinggalan dr Zadrak mengikuti kegiatan ini sampai selesai. 

Syafii Efendi saat dijumpai awak media mengatakan, seminar motivasi kewirausahaan ini dilaksanakan sebab, Indonesia saat ini membutuhkan anak muda mandiri yang bermindset berbera. 

"Kita pengen menggeser anak muda yang tammat kuliah yang pengen jadi PNS itu mandiri, tammat kuliah atau sekolah jadi entrepreneur", ujar Owner 9 Perusahaan dan 13 kampus itu. 

Diakui Syafii hal itu memang tidak mudah, karena mindset masyarakat sudah mengakar sejak dulu. 

"Butuh epos dan efort yang gede untuk bisa membuat anak mudahnya itu mandiri", tuturnya. 

"Kalau mau merubah karakter itu ada sesuatu yang tidak terlihat namanya mindset, kalau itu beruba perilakunya akan berubah. Toraja ini tanah yang memiliki berjuta potensi, jadi kalau ditangan anak muda yang mengerti peluang maka Tana Toraja akan menjadi the best destination tourism in the work", tuturnya. 

Ketua umum wirausa nusantara itu menitipkan pesan kepada anak muda Toraja fokus meniti karir di dunia entrepreneur. 

"Pesannya, hari ini jangan pacaran dulu, fokus kepada kemandirian nanti nikahnya dalam kondisi kaya itu lebih bagus", pungkasnya. 

Sementara, dr Zadrak Tombeg mengapresisasi kegiatan seminar ini. Menurutnya, kegiatan ini memberikan pembekalan kepada generasi muda untuk berperan penting dalam pembangunan di Indonesia. 

"Generasi pemuda itu bukan saja penerus tapi penentu Bangsa ini", tegas Zadrak. 

"Jangan berfikir menjadi orang hebat di perusahaan orang lain tapi jadilah orang hebat yang mempekerjakan orang lain", pungkasnya. 

Penulis    : Iga
Editor      : Redaksi