Home Daerah Disperindagkop UKM Toraja Utara Gelar Pendampingan Pengembangan dan Diversifikasi Produk Tenun

Disperindagkop UKM Toraja Utara Gelar Pendampingan Pengembangan dan Diversifikasi Produk Tenun

REPLIKNEWS, TORAJA UTARA - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) UKM Kabupaten Toraja Utara melaksanakan Pendampingan Pengembangan dan Diversifikasi Produk Tenun Penguatan Kapasitas Kelembagaan Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah Tahun Anggaran 2024 di Marante, (5/09/2024). 

Kegiatan ini dibuka Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, didampingi Kepala DisperindagkopUKM, Amos H. Patolla dan Kepala Bidang Perindustrian Disperindagkop Agus Bela. 

Yohanis Bassang dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, usaha apapun yang dikerjakan jika tidak lakoni secara serius maka hasilnya akan sia. Untuk itu dia, dibutuhkan keuletan, kegigihan dalam membangun usaha apapun

"Kepada seluruh peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan harap secara serius mengikuti setiap kegiatan pelatihan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM, sehingga saya himbau kepada dinas terkait, jika ada peserta yang hanya datang mengikuti kegiatan seremonial semata lebih baik segera digantikan dengan peserta lain yang memang benar-benar ingin mengikuti pelatihan", kata Yohanis Bassang.

"Tentu sebagai Kepala Daerah ada kerinduan saya kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Toraja Utara memiliki penghasilan sendiri, Negara bisa maju jika kehidupan dalam rumah tangga harmonis ditopang dengan pendapatan ekonomi yang baik, dan atas nama Pemerintah Daerah secara resmi kita membuka kegiatan ini", jelas Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang.

Sebelumnya, Agus Bela dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengimplementasikan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan para anggota sentra IKM dalam mengembangkan maupun mendiversifikasi produknya berdasarkan proses produksi yang baik dan benar. 

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 bulan dari tanggal 05 September - 05 Desember 2024 bertempat di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM di Marante. 

"Sebanyak 15 orang yang merupakan pelaku industri kecil yang telah memiliki nomor induk berusaha dan merupakan peserta lanjutan dari kegiatan sebelumnya yaitu Pelatihan Teknis Produksi yang telah dilaksanakan pada bulan Juli dan untuk Instruktur kegiatan ini sebanyak 3 orang dari Marampa Collection, Makale", jelas Agus Bela. (*) 

Editor     : Redaksi