Home Daerah Diskusi Bareng Pers di Cafe Demokrasi, KPU Toraja Utara Ajak Media Kawal dan Sukseskan Pilkada 2024

Diskusi Bareng Pers di Cafe Demokrasi, KPU Toraja Utara Ajak Media Kawal dan Sukseskan Pilkada 2024

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara gelar cafe demokrasi dengan insan pers di Angkringan Lempuyang Singki, Rantepao, Toraja Utara, Kamis (01/08/2024).

Cafe demokrasi yang dibalut diskusi santai ini merupakan upaya KPU Toraja Utara meningkatkan peran partisipasi media dalam mensukseskan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan serta Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara tahun 2024.

Dalam cafe demokrasi ini, KPU Toraja Utara menghadirkan narasumber dari Bawaslu dan Kejaksaan Negeri Tana Toraja. 

"Peran media sangat penting sebagai mitra kami dalam mensukseskan Pilgub Sulsel dan Pilkada di Toraja Utara," kata Jan Hary Pakan, ketua KPU Toraja Utara mengawali kegiatan ini. 

Jan Hary didampingi jajarannya pada kesempatan menekankan pentingnya kerja-kerja jurnalis yang profesional. 

"Silahkan memberitakan hal-hal positif dan memberikan masukan kepada kami KPU dalam tahapan-tahapan yang sementara berjalan," ujarnya. 

Sementara Koordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Lembaga (HP2H) Bawaslu Toraja Utara, Bonnie Freedom mengatakan, peran media dalam memberitakan informasi yang akurat sangat penting dalam mengawasi dan mengawal pesta demokrasi di Toraja Utara. 

"Tanpa media, penyelenggara tidak bisa menjangkau semua lapisan masyarakat dalam mensukseskan pilkada serentak," ujar Bonnie. 

Hal senada disampaikan, Didit Kurniawan, Kasi Intel Kantor Cabang Kajari Tana Toraja di Rantepao. Ia menegaskan peran media sangat sentral menghindari berita bohong dan kampanya hitam. 

"Konfirmasi dalam pemberitaan itu sangat penting, sehingga berita yang disajikan berimbang dan menghindari berita bohong atau hoax," terang Didit.

Cafe demokrasi ini dihadiri sejumlah insan pers dari berbagai media baik TV, cetak dan online. 

Penulis      : Dirga Y. Tandi
Editot         : Redaksi