Home Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tator, HIPMI dan GAMKI Gelar Tanam Pohon Bambu

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tator, HIPMI dan GAMKI Gelar Tanam Pohon Bambu

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Toraja (Tator) bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tator, GAMKI Tator dan Toraja Utara (Torut) gelar penanaman pohon bambu di bantaran sungai sa'dan dengan tema "Bambu Sahabat Kita", Minggu (2/05/2024).

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Toraja (Tator) bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tator, GAMKI Tator dan Toraja Utara (Torut) gelar penanaman pohon bambu di bantaran sungai sa'dan dengan tema "Bambu Sahabat Kita", Minggu (2/06/2024).

Pohon bambu ini ditanam di bantaran sungai sa'dan di Kelurahan Lion Tondok Iring, Kecamatan Makale Utara dan bantaran sungai sa'dan di Toraja Utara. Selain ditanam bantaran sungai, 100 bibit pohon bambu itu juga dibagikan kepada masyarakat sekitar untuk ditaman wilayah mereka dalam mencegah terjadinya longsor.

Ketua HIPMI Tator, dr Giovanni Zeist Lambe mengatakan, penanaman pohon bambu ini bertujuan untuk mencegah terjadinya erosi di sekitar bantaran sungai dan longsor di sekitar pemukiman warga. "Kita mengajak masyarakat sekitar untuk mencegah terjadinya longsor dengan menanam bambu lewat bibit yang kita bagikan," kata Zeist sapaan akrab dr Giovanni Zeist Lambe. 

dr Zeist menjelasakan, gerakan penanaman pohon Bambu Sahabat Kita merupakan salah satu gerakan Inklusi Untuk Kesejahteraan. "Kita memberikan kesempatan untuk masyarakat dari berbagai latar belakang supaya bisa menerima kesempatan yang sama, seperti bisnis, kesempatan berlatih dan pembagian bibit seperti ini. Jadi tidak ada perbedaan," ujarnya. 

dr Zeist berharap kegiatan ini menjadi contoh kedepan bagaimana masyarakat sejak dini mulai menanan tanaman seperti bambu untuk mencegah terjadinya longsor.

"Bambu ini sangat bagus karena merapatkan tanah. Selain itu masyarakat Toraja tidak terlepas dari penggunaan bambu dalam acara adat istiadat kita. Jadi manfaat bambu sangat banyak untuk kita," pungkasnya. Sementara ketua GAMKI Tana Toraja, Surianto Lopang megapresiasi kegiatan bersama ini. Menurutnya, penanaman bambu merupakan salah mitigasi bencana. 

"Tentu kita masyarakat Toraja tidak terlepas dari penggunaan bambu. Kemudian, penanaman bambu juga merupakan bentuk mitigasi bencana di wilayah-wilayah yang rawan longsor. Ini merupakan salah satu cara bagaimana kita bersahabat dengan alam," jelasnya.Ditambahkan ketua GAMKI Toraja Utara, dr Budhi Karoma, kegiatan ini kedepan akan diperluas dengan melibatkan berbagai pihak baik dari organisasi Gereja mauapun organisasi lain. 

"Kegiatan seperti ini akan kita kembangkan kedepan dan dikolaborasikan dengan melibatkan seluruh eleman masyarakat," katanya. 

Sementara, Lurah Lion Tondok Iring, Cornelius Mengan menyampaikan terimah kasih atas kegiatan yang dilaksanakan di wilayah pemerintahannya.

"Mewakili Pemerintah dan Masyarakat Kelurahan Lion Tondok Iring kami sangat  berterikasih atas kegaitan yang dilaksanakan disini," terangnya. 

Hadir dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Tana Toraja, Kristian H.P Lambe, PWKI Tana Toraja, Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tana Toraja, Mahasiswa KKN serta masyarakat sekitar.

Penulis     : Dirga Y. Tandi
Editor       : Redaksi