Home Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, GAMKI, HIPMI dan PWKI Gelar Pelatihan Pembuatan Vitamin Ternak

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, GAMKI, HIPMI dan PWKI Gelar Pelatihan Pembuatan Vitamin Ternak

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Perpustakaan dan Kearsipan Tana Toraja menyasar peternak dan petani. Mereka dibekali pelatihan tentang cara membuat vitamin ternak dan jakaba.

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Toraja bersama HIPMI Tana Toraja, PWKI, dan GAMKI Tana Toraja gelar pelatihan pembuatan vitamin ternak dan jakaba, Jumat (7/06/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Perpustakaan dan Kearsipan Tana Toraja menyasar peternak dan petani. Mereka dibekali tentang cara membuat vitamin ternak dan jakaba yang ramah lingkungan. Anggota DPRD Tana Toraja, Kristian H.P Lambe mengatakan, pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang dilaksanakan sebelumnya berupa penanaman pohon bambu di bantaran Sungai Sa’dan. 

"Hanya saja, kesempatan ini lebih di titik beratkan pada pengembangan Sumber Daya Manusia khususnya petani dan perternak," kata Kristian HP Lambe dalam sambutannya. Selaras dengan itu, ketua GAMKI Tator, Rinto Lopang mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu upaya dalam menyeimbangkan program pembangunan fisik infrastruktur dengan pemberdayaan masyarakat. 

"Harapan kita adalah pembangunan infrastruktur yang sudah semakin baik dan menyeluruh harus bisa mendorong dan meningkatakan perekonomian masyarakat. Olehnya itu, SDM masyarakat sangat perlu untuk terus dikembangkan apalagi sebagian besar penduduk kita berprofesi sebagai petani dan perternak," terang Surianto Lopang.Lebih lanjut, Surianto menyebut produk dari pelatihan ini sangat ramah lingkungan, dengan demikian akan tercipta Masyarakat yang produktif tanpa harus merusak lingkungan. 

Sementara Ketua HIPMI Tana Toraja, Giovanni Zeist Lambe menyampaikan bahwa ini akan menjadi salah satu usaha baru bagi pemuda. 

"Dalam hal ini HIPMI akan terus mendorong semua pihak dalam memasifkan produksi dan distribusi vitamin ternak dan Jabaka agar bisa digunakan oleh Masyarakat," ujar Zeist.

Penulis    : Dirga Y. Tandi
Editor      : Redaksi