Home Daerah Diisi Berbagai Lomba, Masyarakat Lembang Sarapeang Antusias Peringati HUT RI ke-79

Diisi Berbagai Lomba, Masyarakat Lembang Sarapeang Antusias Peringati HUT RI ke-79

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Semarak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79, Lembang Sarapeang, Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja menggelar sejumlah lomba menarik untuk warga Sarapeang dalam memeriahkan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Rangkaian kegiatan tersenut dimulai tanggal 12-16 Agustus 2024 dengan mengusung tema "Bersama Dalam Harmoni Membangun Bangsa".

Pembukaan kegiatan diawali dengan Devile yang begitu meriah dengan busana masyarakat yang menggunakan pakaian adat Toraja dengan membawa hasil pertanian.

Adapun berbagai kegiatan perlombaan yang dilakukan dalam menyemarakkan HUT RI ke-79 tersebut seperti Futsal, bola volley putra-putri, catur, senam, sepak takraw, penilaian pekarangan, tarik tambang, lari kelereng, estafet karung, makan kerupuk dan pecah balon.

Kepala lembang Sarapeang, Haryanto Talondong menyampaikan kegembiraannya atas antusias dan partisipasi masyarakat dalam memeriahkan HUT RI ke-79.

"Kami sangat bersyukur atas antusias yang ditunjukkan oleh seluruh warga Lembang Sarapeang dalam meramaikan HUT ke-79 Kemerdekaan RI melalui kegiatan lomba ini," kata Haryanto kepada REPLIKNEWS, Selasa (13/8/2024).

Menurut Haryanto Talondong, tujuan kegiatan ini selain dalam memeriahkan HUT RI ke-79, juga mempererat persaudaraan antar Dusun antar RT, selain itu juga menjalin kekompakan dalam Lembang Sarapeang.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, kita dapat mencontohi sifat-sifat para pejuang kita baik dari segi semangat, persatuan, gotong royong, memperkuat rasa cinta tanah air dan patriotisme serta mempererat rasa persaudaraan di antara masyarakat desa Sarapeang," tambah Haryanto.

Ditambahkan Haryanto Talondong bahwa semua kegiatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat Nasionalisme dan kebangsaan di tengah-tengah masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak.

"Semoga semangat Nasionalisme dan kebersamaan yang terpancar dari acara ini dapat terus menginspirasi masyarakat untuk bersatu dan mempertahankan kemerdekaan bangsa," pungkas Haryanto Talondong.

Sementara itu, Camat Rembon, Senyta P Tandirerung mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan anak bangsa kepada pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia. 

"Merdeka, merdeka. Kita sambut dan meriahkan Dirgahayu kemerdekaan RI dengan mengutamakan persaudaraan dan kebersamaan kita di Lembang Sarapeang serta membangkitkan jiwa kompetisi positif masyarakat mulai dari rangkaian perlombaan bersifat positif demi menjunjung tinggi perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan negara tercinta kita yakni negara Republik Indonesia," ujar Senyta P Tandirerung.

Lanjutnya, Marilah kita mendukung pemerintah desa melalui program-program pembangunan yang ada, serta kedepannya kita ikut wujudkan kehidupan anak bangsa lebih sejahtera terutama semangat kemajuan daya saing masyarakat yang tangguh harus dibangun dari desa sebagai elemen pemerintah terdekat dengan rakyat. 

"Dalam setiap kegiatan kita baik kerja bakti, ke posyandu, anak-anak dibawah ke tim untuk dipolio dan lainnya, kami berharap semangat dan antusias dari kita semua dan semangat itu kita wajibkan masyarakat membunyikan lagu Indonesia Raya setiap pagi jam 10.00 WITA dengan posisi berdiri, ini salah satu bentuk kecintaan kepada bangsa dan negara, serta tanggal 17 nanti dihimbau seluruh masyarakat desa ikut upacara bendera, kita mulai dari hal kecil untuk bangkit dan maju," ucapnya mengakhiri.

Adapun yang turut hadir dalam menyemarakkan HUT RI ke-79 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Lembang Sarapeang tersebut yakni Camat Rembon Senyta P Tandirerung, Badan Penyuluhan pertanian, kepala lembang Sarapeang bersama staf, Pendeta Gereja Toraja jemaat Bukit Ararat Pappang, pendamping kecamatan, kepala dusun dan RT, mahasiswa KKN-T UNHAS, mahasiswa KKN-T UKI Toraja, kontingen dusun Sarong, kontingen Persekutuan dasawisma marue kindan, kontingen dusun kalembang, kontingen dusun karotin, kontingen dusun kandeapi.

Penulis    : Hendrawan Tulak
Editor      : Redaksi