Home Daerah Dies Natalis Ke-51, KNPI Tana Toraja Brainstorming Bersama Pemuda

Dies Natalis Ke-51, KNPI Tana Toraja Brainstorming Bersama Pemuda

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Peringatan Dies Natalis KNPI ke-51, DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tana Toraja menggelar acara brainstorming di Torajan Coffee, Makale, Tana Toraja, Selasa Malam (23/7/2024). 

"Tingkat partisipasi Milenial Tana Toraja dalam dunia politik mengindikasikan beberapa temuan KNPI terkait masih rendahnya pendidikan politik, tingkat apatisme yang masih tinggi, ketidakpercayaan pada sistem politik, pengaruh kondisi sosial –ekonomi terhadap pesta demokrasi. Sehingga pada malam ini dalam acara Brainstorming Pemuda, DPD II KNPI Tana Toraja mengajak kita semua untuk terlibat langsung dalam menyumbangkan pemikiran dan Pemuda Toraja akan menjadi jarum dan benang untuk menjahit dan mempersatukan pikiran dalam memikirkan masa depan Tana Toraja," kata Restu Tanaka, selaku ketua DPD II KNPI Tana Toraja

Kegiatan ini bertujuan untuk:
1.    Meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemuda dalam Pilkada Tana Toraja & Menggali serta mengidentifikasi sikap serta aspirasi pemuda terhadap Pilkada Tana Toraja 2024

2.Mendorong pemuda untuk aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi dan pengambilan keputusan di tingkat lokal.

3.    Memberikan ruang diskusi yang strategis dan konstruktif bagi pemuda untuk menyampaikan ide dan gagasan dalam menentukan masa depan Tana Toraja.

Brainstorming yang berlangsung selama dua jam ini mengangkat tema "Mengeksplor Sikap Pemuda dalam Menyambut Pilkada Tana Toraja 2024 ". Tema ini diangkat oleh KNPI setelah melakukan survey dan analisa mendalam terkait fenomena tingkat partisipasi peserta pemilukada di Tana Toraja. Pada tahun 2005 tingkat partisipasi pemilih 77,6%, 2010 sebanyak 78,7%, tahun 2015 sebanyak 71,7% dan pada tahun 2020 kemarin masih di seputar angka 72%. Data dari KPU Tana Toraja pada pemilu legislatif kemarin khusus di kalangan milenial tingkat partisipasi berada pada angka 72% dari total pemilih milenial.

Acara ini dihadiri ratusan Pemuda dari berbagai latar belakang OKP dan DPK, perwakilan Tim Milenial Bacalon Bupati Tana Toraja dari Zadrak Tombeg (ZT), Viktor Datuan Batara (VDB), Benidiktus Papa (BP), para Ketua OSIS Se-Tana Toraja, para aktivis, pengusaha muda, dan hadir juga Ketua KPU Tana Toraja Berty Paluangan sebagai special host memberi edukasi dan penguatan, S.T.M.S.P.

Ketua KNPI Tana Toraja, Restu Tangaka, S.Ag menyatakan bahwa HUT KNPI yang dirangkaikan dengan Brainstorming atau Curah Pendapat bertujuan untuk menciptakan suasana santai namun produktif. 

"Kami ingin mengajak pemuda Toraja untuk berdiskusi secara terbuka tentang peran mereka dalam pembangunan daerah melalui keikutsertaanya dalam pemilukada," kata Restu Tangaka dalam ceramahnya.

Dalam diskusi, Intisari wawasan yang dirangkum oleh moderator mengisyaratkan pemuda ingin pilkada kali ini memberikan warna yang berbeda, ada kriteria yang dapat dijadikan kerangka berpikir bagi pemuda untuk mendukung pesta demokrasi bukan karena kepentingan yang pragmatis melainkan ada kualitas dari kebijakan dari kandidat yang nantinya terpilih, yang berfaedah bagi pemuda.

Saat diskusi berlangsung setiap Perwakilan dengan jelas menekankan sisi moralitas, prestasi, dan visi yang pasti dan terukur dari Bacalon ke depannya, menurut mereka akan terlihat dengan sendirinya  dalam bentuk program-program yang nyata.

Sementara itu, Sumartoyo, S.Pd., M.Si. Bidang Riset dan Pengembangan SDM DPD II KNPI Tana Toraja yang sekaligus Moderator pada acara brainstorming mengatakan bahwa inovasi calon kepala daerah akan terlihat dari kompetensinya dalam membedah RPJPD. 

"Karena itu perlu adanya penelitian dan brainstorming untuk mendalami visi dan misi yang dibuat oleh pasangan calon agar ketika terpilih visi dan misi itu terejawantahkan dengan baik dan maksimal ketika mengeksekusi kumpulan kebijakan,"tuturnya

Sebagai closing statement, Ketua KPU kembali mengingatkan para pemuda agar mau bersinergi satu dengan yang lainnya bahwa KPU senantiasa membuka diri bagi pemuda yang ingin berkolaborasi meramaikan pilkada Tana Toraja tentunya sesuai dengan aturan main KPU, dan terutama mendorong peserta yang hadir agar mendorong teman-temannya di luar sana  untuk memaksimalkan hak pilih dan tentunya sudah terdaftar dalam DPT.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa data bagi para peserta brainstorming terkait data pemilih milenial di tahun 2024 berjumlah 57.570 atau 29,3% peserta dan untuk golongan pemilih zilenial sebanyak 46.378 orang atau 23,6% dari keseluruhan DPT yang berjumlah 196.548 DPT. Total pemilih milenial dan zilenial sebanyak 103.948 orang atau 52,89%," bebernya.

Menutup acara, Ketua KNPI Tana Toraja berkomitmen untuk menindaklanjuti hasil brainstorming ini dalam agenda yang berbeda namun arahnya tetap mendorong pemuda berkolaborasi dan juga mampu berkompetisi menyambut Pilkada Tana Toraja tahun 2024.

"Pemuda harus tetap konsisten percaya diri pada dirinya, terus mengasah potensi dalam dirinya agar dapat membedah dan memberikan fikiran yang kosntuktif bagi Bupati dan wakil bupati terpilih kedepan," pungkasnya

Penulis       : Hendrawan Tulak
Editor         : Redaksi