Home Daerah Dibuka Bendahara Umum PMTI, Turnamen Catur Magical Toraja di Ikuti Ratusan Atlet se Sulselbar

Dibuka Bendahara Umum PMTI, Turnamen Catur Magical Toraja di Ikuti Ratusan Atlet se Sulselbar

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Turnamen catur kejuaran Magical Toraja yang diselengarakan Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) dibuka secara resmi Bendahara Umum PMTI, Joni Mantong, Senin (22/8/2022). 

Turnamen ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari di gedung Tammuan Mali', Makale, Tana Toraja, diikuti ratusan atlet catur se Sulselbar. 

Adapun ketegori yang dipertandingan yakni kategori SD diikuti 36 atlet, kategori SMP diikuti 33 atlet dan ketergori Umum diikuti 165 atlet. 

Ketua Umum PMTI Mayjen (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, melalui Bendahara Umum Joni Mantong dalam sambutannya sebelum membuka acara tersebut mengatakan, salah satu dari 10 (sepulu) program andalan PMTI saat ini yaitu Olahraga yang di dalamnya terdapat Catur. 

"Untuk anak sekolah salah satu dampak ketika main catur itu akan menambah kecerdasan anak tersebut. Banyak dampak Positif dari catur, dapat merubah IQ menjadi lebih pintar lagi", ujarnya. 

Untuk itu, kata Joni, PMTI menginginkan IQ anak Toraja kedepan meningkat, menurutnya salah satu cara meningkatkan IQ anak yaitu mengajarkan mereka bermain catur sejak dini. 

"Selamat bertanding, Semoga kedepan akan muncul master-master catur baik di Tana Toraja maupun Toraja Utara", pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Percaci Toraja menucapkan terima kasih atas perhatian serius PMTI terhadap olahraga catur di Toraja. 

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada panitai dan kepada PMTI", ucapnya.  

Pembukaan ini dihadiri Kadispora Tana Toraja, Perwakilan Polres Tana Toraja, Perwakilan Kodim 1414/Tana Toraja serta ratusan atlet catur yang berlaga pada turnamen ini. 

Untuk diketahui, Turnamen catur ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian acara Magical Toraja sebagai ajang promosi Wisata dan Ekonomi. 

Penulis    : Iga