Home Daerah Bupati Theofilus Sebut Pentingnya Deteksi dan Preventif Layanan Kesehatan

Bupati Theofilus Sebut Pentingnya Deteksi dan Preventif Layanan Kesehatan

Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi, pelaksanaan deteksi dini, preventif, dan respon penyakit di bidang kesehatan Selasa (02/07/2024).

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi, pelaksanaan deteksi dini, preventif, dan respon penyakit di bidang kesehatan Selasa (2/07/2024). 

Kegiatan ini dibuka Bupati Tana Toraja, Theofilus Allolerung. Dihadiri Sekda Tana Toraja, dr Rudhy Andilolo, Kadi Kesehatan, serta semua stakeholder, mulai dari kepala OPD, tenaga medis, TP PKK, camat, lembang dan lurah, serta stakeholder lainnya. 

Bupati Theofilus dalam sambutannya mengatakan, rapat koordinasi penting untuk mengkoordinadikan capaian-capaian yang telah dicapai dan kendala yang dihadipi dalam mengevaluasi serta membuat rencana tindak lanjut. 

"Pemerintah telah mengelontorkan anggaran yang begitu besar dalam pembangunan di bidang kesehatan, tetapi suka atau tidak suka, harus kita aku saat ini bahwa kita lebih berfokus pada kuratifnya, deteksi dan preventif masih sangat lemah", kata Theofilus. 

Untuk itu, Theofilus menenkankan pentingnya deteksi dini dan preventif layanan kesehatan serta mencari faktor penyebab. 

"Kemudian mencari solusi dan merumuskan langkah-langkah efektif atau stategi melalui pendekan yang fleksibel," ujarnya. 

Theofilus menyampaikan, masalah kesehatan bukan hanya tanggungjawab Dinas Kesehatan melainkan tanggung jawab semua pihak. 

"Semoga kegiatan ini melahirkan kolaborasi, strategi-strategi yang baik serta diharapkan mengevaluasi semua program yang ada di dinas kesehatan," cetusnya. 

Penulis    : Dirga Y. Tandi
Editor      : Redaksi