Home Daerah Bupati Theo Ungkap Upaya Lunasi Utang Warisan 114 M hingga Capaian Prestasi di HUT Tator Ke-67

Bupati Theo Ungkap Upaya Lunasi Utang Warisan 114 M hingga Capaian Prestasi di HUT Tator Ke-67

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Momen puncak peringatan hari jadi Toraja ke-777 dan HUT Tana Toraja berlangsung meriah di Plaza Kolam Makale, Senin (16/09/2024). Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadir memeriahkan kegiatan ini. 

Puncak peringatan diawali defile dari 19 Kecamatan dengan menampilkan hasil bumi, pertanian, komoditi, komoditas dan hasil perikanan unggulan, serta kearipan budaya lokal menambah semaraknya perayaan ini.

Kegiatan ini dihadiri langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr H Jufri Rahman serta jajaran pemerintah Pemprov Sulsel, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, Pimpinan dan Anggota DPRD Tana Toraja, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta tamu undangan lainnya. 

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dalam sambutanya mengungkap sejumlah tantangan dihadapi sejak awal pemerintahannya bersama Zadrak Tombeg 2021 lalu.

Salah satunya pandemi covid 19 melanda seluruh dunia yang berdampak pada seluruh sendi kehidupan masyarakat. 

"Tantangan itu tidak mudah kita hadapi dibawah visi Tana Toraja Bangkit, Produktif, Tangguh, Menyongsong Tatanan Kehidupan Baru. Kita mulai menata daerah ini, kita mulai membangun daerah ini bersama-sama dari keterburukan akibat Covid 19 yang melanda, sehingga semua sendi-sendi kehidupan kita menjadi porak-poranda," jelas Theofilus. 

Disamping fokus pemulihan covid 19 yang melanda, Theofilus menyampaikan pihaknya juga prioritaskan melunasi utang warisan dari pemerintah sebelumnya, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara. 

"Kami meminta maaf kepada masyarakat, beberapa kegiatan harus kita tunda karena kita mendahulukan kesehatan, disamping kita harus menangani dan menyelesaikan 114 Miliar utang warisan pemerintahan sebelumnya, sehingga kita berharap bahwa penataan keuangan sudah berlangsung dengan baik sebagai salah satu prasayarat menuju kehidupan yang semakin tangguh menghadapi perubahan-perubahan yang ada," ungkap Theofilus. 

Di momen bersejah ini, Thofilus juga membeberkan segudang prestasi di masa jabatannya tahun 2021-2024. Dalam kurun waktu tersebut, Pemkab Tana Toraja sukses meraih puluhan penghargaan dari pemerintah provinsi maupun pusat. 

"Paling tidak sudah 30 penghargaan yang sudah kita terima sampai tahun 2024", terang Theofilus.

Penghargaan itu kata Theofilus mencakup beberapa sektor, seperti bidang kesehatan, lingkungan, pelayanan, keuangan bahkan dari ombusmand. 

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah, pemerintah lembang dan kelurahan atas kerja kerasnya dalam pengelolaan keuangan sehingga tahun ini kita pecca telur boleh memeperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Provinsi Sulawesi Selatan, kiranya ini dapat dipertahanka di masa-masa yang akan datang," terang Theofilus. 

Theofilus juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasama, kolaborasi dan sinergi sehingga capaian itu boleh diraih. 

Penulis      : Dirga Y. Tandi
Editor        : Redaksi