Home Daerah Pertama di Indonesia, BKKBN RI Apresiasi PIK Remaja Inklusi di Tana Toraja

Pertama di Indonesia, BKKBN RI Apresiasi PIK Remaja Inklusi di Tana Toraja

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengapresiasi Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja Inklusi di Tana Toraja. PIK Remaja Inklusi tersebut yakni PIK Remaja Inklusi Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharmawanita Makale. 

Hal itu disampaikan Penyuluh KB Ahli Utama, Drg Widwiono dalam kunjungannya ke Tana Toraja dalam rangka internalisasi pengasuhan balita untuk percepatan penurunan stunting, dirangkaikan dengan pengukuhan PIK Remaja Inklusi dan penandatanganan sertifikat Duta Genre Inklusi. Widwiono dalam kunjungannya di dampingi kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Shodiqin beserta rombongan disambut tari-tarian PIK Remaja Inklusi SLB Dharmawanita Makale di Gedung Tammuan Mali' Makale, Selasa (03/09/2023). 

Kegiatan ini dihadiri langsung, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Wakil Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg, Ketua TP-PKK Tana Toraja, Yariana Somalinggi, kepala OPD serta stekeholder terkait. 

"Saya apresiasi, Tana Toraja ada PIK Remaja Inklusi, ini menjadi modal yang baik untuk Tana Toraja. Tentunya ini menjadi pertimbangan di seluruh wilayah Indonesia, kita akan upayakan menjadi lebih baik lagi," kata Widwiono kepada awak media saat ditemui usai kegiatan. 

Ditanya apakah ini PIK Remaja Inklusi pertama di Indonesia, Widwiono membenarkan hal tersebut. 

"Iya, yang saya tau itu ini (yang pertama di Indonesia)," katanya. 

Widwiono juga memberikan apresia kepada Forum Genre Tana Toraja yang sudah menciptakan ruang inklusi bagi remaja yang memiliki keterbatasan.

Ia berharap kegiatan positif ini bisa terus dikembang dan diadopsi oleh daerah lain di Indonesia. 

"Tujuan utama PIK Remaja itukan Triad KRR ya, bagaimana memberikan edukasi tentang pernikahan dini, napza dan HIV/Aid, tentunya ini dikembangkan lagi melalui komunikasi-komunikasi positif," sambungnya. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Shodiqin juga memberikan apresiasi atas terbentuknya puluhan PIK Remaja di Tana Toraja, sala satunya PIK Remaja Inklusi. 

"Khusus untuk Tana Toraja luar biasa, kami dari BKKBN tentunya menyasar remaja tidak memandang siapapun, termasuk yang berkebutuhan khusus, ini kita rangkul sama-sama agar remaja itu menikmati dan saling membantu agar terhindar dari triad KRR," terangnya. 

Untuk diketahui, Rizki Hosia, Ketua PIK Ramaja Inklusi SLB Dharmawanita Makale, akan mewakili Sulawesi Selatan Apresiasi Duta Genre dan Jambore Kreasi Tingkat Nasional (AJUDAKNAS) yang akan dilaksanakan di Bali, 17-21 September 2024 mendatang. 

Penulis       : Dirga Y. Tandi
Editor         : Redaksi