Home Daerah Bekerjasama Disnaker Tator, Yayasan Bejana Kasih Indonesia Gelar Pelatihan Kerja

Bekerjasama Disnaker Tator, Yayasan Bejana Kasih Indonesia Gelar Pelatihan Kerja

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tana Toraja bekerja sama dengan Yayasan Bejana Kasih Indonesia menggelar program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 16/4/2024 yang lalu diikuti oleh puluhan peserta yang berdomisili di Kabupaten Tana Toraja, bertempat di Kantor Yayasan Bejana Kasih Indonesia, Batu Papan, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

"Tanggal 16 yang lalu saya sudah membuka kegiatan ini, dan hari ini saya datang meninjau sejauh mana kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Yayasan Bejana Kasih Indonesia," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Tuppa Batara Randa kepada REPLIKNEWS, Selasa (30/4/2024).

Menurut Tuppa Batara, tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk menghasilkan skil yang berkompetensi untuk bisa mendapat peluang kerja dengan memiliki sertifikat.

"Karena tidak ada balai latihan kerja yang ada di Kabupaten Tana Toraja sehingga kami harus mencari dan bekerjasama dengan lembaga, salah satunya Yayasan Bejana Kasih Indonesia untuk melakukan pelatihan kerja," ujar Tuppa Batara.

Selain itu kata dia, juga untuk mengurangi angka pengangguran, menurunkan angka kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Tana Toraja.

Lebih lanjut Tuppa Batara mengatakan jika pihaknya tidak serta merta bekerja sama dengan lembaga pelatihan, namun ada beberapa Poin yang menjadi acuan untuk melakukan MoU dengan lembaga tersebut.

Karena kata Tuppa, di Tana Toraja tidak memiliki balai latihan kerja (BLK), sehingga Disnaker harus bekerja sama dengan lembaga yang berkompeten yang punya link ke tempat lain yang bisa merekrut tenaga kerja seperti Yayasan Bejana Kasih Indonesia.

"Yayasan Bejana Kasih Indonesia ini sudah sering kerjasama dengan Perusahan, sudah banyak linknya keluar. Dan setiap pelatihan yang dilakukan oleh yayasan ini saya yang tanda tangan sertifikatnya untuk memperkuat mendapatkan pekerjaan," terang Tuppa Batara.

"Karena susah jika lembaga yang tidak punya link, karena harapan kami peserta yang sudah mengikuti pelatihan ini bisa segera mendapatkan pekerjaan yang layak melalui link lembaga yang melakukan pelatihan kerja," lanjutnya.

Sementara itu, kepala Yayasan Bejana Kasih Indonesia, Arnold Paluang mengucapkan terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Tana Toraja yang telah mempercayakan yayasannya sebagai salah satu lembaga pelatihan kerja.

"Terimakasih atas kepercayaan Disnaker kepada yayasan kami sebagai salah satu lembaga pelatihan. Kita berharap peserta yang telah mengikuti pelatihan ini bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Nanti kami bantu melalui link-link perusahaan yang sudah bermitra dengan kami," ujar Arnold Paluang.

Diketahui kegiatan pelatihan kerja tersebut akan berlangsung sekitar 20 hari, 5 hari teori dan 15 hari praktek. Adapun pelatihan yang dilakukan kali adalah Pelatihan Alat Berat

Penulis   : Martinus Rettang
Editor     : Redaksi