Home Daerah Atraksi Budaya Toraja Meriahkan Puncak Event Lovely December

Atraksi Budaya Toraja Meriahkan Puncak Event Lovely December

Atraksi Budaya Toraja

REPLIKNEWS, TANA TORAJA - Festival Budaya "The Spirit Of Sang Torayan" jadi agenda puncak perayaan Event Lovely Desember 2023 yang berlangsung di Plaza Kolam Makale, Tana Toraja, Kamis (28/12/2023).

Sejumlah atraksi budaya dari berbagai wilayah di Tana Toraja seperti Mangayo, Ma' Randing, Pa' Gellu' Tua, Passuling Te'dek, Pa' Bondesan, Tari Ma' Papangan, dan Dao Bulan di tampilkan dalam event tersebut.

Puncak Lovely December 2023 dihadiri Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, Amson Padolo, mewakili PJ Gubernur Sulsel, seluruh Pimpinan Fokopimda Tana Toraja, Kepala OPD, Camat Lurah, Kepala Lembang dan ribuan masyarakat Tana Toraja.

Event Lovely December yang digagas oleh Pemda Tana Toraja mendapat apresiasi dari PJ Gubernur Sulsel, Amson Padolo yang turut hadir mengikuti puncak perayaan agenda tahunan Kabupaten Tana Toraja tersebut.

"Kita berharap dengan Lovely December ini dapat memberikan enegi positif untuk segala pontensi yang ada di daerah Tana Toraja dan juga Provinsi Sulawesi Selatan terutama pariwisata," kata Amson dalam sambutannya.

Sementara Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung berharap event Lovely December bisa masuk dalam Kalender Nasional sehingga atensi Pemerintah pusat terhadap Tana Toraja bisa jauh lebih besar.

"Kita mencoba menerobos kembali ke kalender nasional, kita berharap sekaligus promosi akan terjadi disitu, termasuk juga atensi pemerintah pusat akan semakin besar, nah ini kita masih lokal karena syaratnya harus tiga kali kegiatan," ujar Theofilus.

Dikatakan Theofilus bahwa Event Lovely December dilakukan sebagai ajang untuk menggali potensi yang ada di Toraja dengan menggairahkan seni dan budaya Toraja.

"Event ini juga dilaksanakan untuk menarik para diaspora Toraja. Diharapkan mereka datang bersama teman-temannya ke Toraja dan ini akan memperkuat pariwisata dan ekonomi kreatif kita atau semua kegiatan ekonomi yang berbasis pariwisata, disamping itu kita mencari event lain untuk menjadi event tahunan," kata Bupati.


Editor   : Redaksi