Home Daerah 4 Malam Mati, Lampu di Lembang Patekke dan Pa'buaran Akhirnya Menyala

4 Malam Mati, Lampu di Lembang Patekke dan Pa'buaran Akhirnya Menyala

REPLIKNEWS, TANA TORAJA- Hujan deras mengguyur daerah  Tana Toraja berapa hari belakangan. Akibatnya, sejumlah titikpun longsor bahkan menelan puluhan korban jiwa di Palangka , Kecamatan Makale dan Lembang Randan Batu, Kecamatan Makale Selatan, pada Sabtu Malam. 

Kondisi yang sama, di Lembang Patekke, juga terjadi sejumlah titik longsor. Meski tidak menelan korban jiwa, jalan penghubung antar Lembang Patekke, Pa'buaran dan Buntusisong Putus total karena longsor pada Sabtu Malam (13/04/20223) lalu. 

Longsor juga mengakibatkan sejumlah tiang listrik roboh. Akibatnya beberapa dusun di Lembang Patekke dan Pa'buaran gelap gulita sejak Sabtu Malam (13/04/2024) hingga Kamis (18/04/2023). 

Lampu baru bisa menyala kembali  pada  Kamis (18/04/2024) subuh tadi, setelah dikoordinasikan oleh pemerintah Lembang Patekke dengan pihak PLN Tana Toraja dan  kerja sama dengan masyarakat setempat untuk mengganti tiang listrik yang rusak.

Kepala Lembang Patekke, Septianus Sumbung mengatakan kondisi jalan penghubung Lembang Patekke dan Pa'buaran rusak parah. Akibatnya, tiang listrik hanya bisa diangkut melalui jalur Gandasil-Perindingan. 

"Tiang diganti karena patah. Diangkut lewat jalur Perindingan-Gandasil karena akses Patekke-Pa'buaran putus", terang Septianus saat dikonfirmasi.

Hingga informasi ini dirilis, kondisi jalan penghubung antar Lembang di wilayah Patekke masih rusak parah sehingga roda empat belum bisa melintas di wilayah tersebut.

Penulis    : Natha
Editor      : Redaksi